dot bayi

Tips mencuci dan mensterilkan botol

dot bayi

Sterilisasi produk yang digunakan untuk menyusui sangat penting untuk kesehatan bayi

Produk Bayi TerbaikPada bulan-bulan pertama kehidupan dan sampai disapih, kebersihan sangat penting untuk si kecil, terutama saat Anda memberi susu botol. Jika menyusui memungkinkan Anda memiliki tingkat keamanan tertinggi dalam hal kebersihan, dengan pemberian susu botol, Anda perlu memberikan perhatian penuh pada pembersihan semua komponen yang berbeda.

Cara mensterilkan botol

Setelah setiap menyusui, ada baiknya untuk membuka dan membilas semua bagian botol di bawah air mengalir dengan sabun alami. Untuk memudahkan pembersihan, lebih baik menggunakan botol dengan bagian bawah yang dapat dilepas untuk menghilangkan sisa susu dengan hati-hati.

Tempatkan semua komponen di dalam sterilizer panas atau dalam larutan dingin.

Lakukan siklus seperti yang ditunjukkan dalam petunjuk penggunaan.

Sebelum digunakan, cuci tangan Anda hingga bersih dan lepaskan komponen dari sterilisator, hindari menyentuh ujung dot dengan tangan Anda dan meletakkannya langsung di meja dapur.

Metode sterilisasi

Ada sterilisasi panas atau dingin. Metode panas menggunakan air mendidih yang dipanaskan dan diuapkan melalui kumparan listrik atau sistem gelombang mikro. Waktu yang diperlukan untuk prosedur ini bervariasi dari sekitar 5-15 menit untuk model listrik hingga beberapa menit untuk model microwave.

Mereka mirip dengan metode klasik panci dengan air mendidih tetapi jauh lebih cepat dan lebih praktis, terutama bila perlu untuk sering melakukan operasi dan untuk banyak produk (pompa payudara, stoples penyimpanan, dot). Proses dingin, di sisi lain, melibatkan penggunaan disinfektan cair atau tablet, yang dirancang khusus agar aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh bayi. Lebih banyak waktu diperlukan untuk metode ini.

Cara mensterilkan botol bayi di microwave

Ada wadah khusus untuk mensterilkan botol bayi dalam microwave: masukkan bagian yang sudah dibongkar dan dibilas sebelumnya ke dalam botol sterilizer;

tambahkan sedikit air seperti yang ditunjukkan dalam instruksi;

melakukan siklus sterilisasi mengikuti petunjuk dalam panduan pengguna;

di akhir siklus, keluarkan wadah dari microwave tanpa membuka tutupnya (lakukan sebelum menyusui).

Apa cara terbaik untuk mensterilkan botol plastik?

Model plastik tentu sangat laris, juga karena sangat praktis, tetapi pembersihannya memerlukan tindakan pencegahan kecil dan sederhana: plastik, dibandingkan dengan kaca, menyimpan lebih banyak bau dan bahan kimia, jadi disarankan untuk tidak mencuci produk ini dengan sabun yang sangat agresif.

Saran kami adalah mencuci botol dan dot segera setelah digunakan dengan larutan berbahan dasar air dan sabun alami kemudian dilanjutkan dengan sterilisasi panas. Pensteril yang lebih disukai untuk model plastik adalah pensteril panas, listrik atau microwave yang menggunakan aksi uap untuk mensterilkan.

Sampai kapan perlu disterilisasi?

Selama enam bulan pertama, pertahanan kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang, oleh karena itu perlu memperhatikan semua objek yang biasanya berinteraksi dengan bayi. Karena itu, untuk rentang 0-6 bulan, dokter anak merekomendasikan untuk mensterilkan semuanya: botol bayi, dot, dot, berbagai aksesori, dan mainan. Setelah usia enam bulan, kemudian, itu bisa semakin berkurang.