11

Tim Pusat Logistik, 5 Hal Wajib Kamu Catat Sebelum Memilih

Keberhasilan strategi pasar, upaya penjualan, dan distribusi produk kita sangatlah bergantung pada seberapa baik mesin dan tim logistik bekerja.

Beberapa aktivitas integral berupa pengadaan bahan mentah ke pabrik manufaktur, pengiriman barang jadi ke pasar seluruh dunia, pengiriman tepat waktu, penyimpanan, dan transportasi haruslah tetap seimbang dan lancar selama 24 jam penuh.

Makanya, perusahaan yang sukses itu haruslah melibatkan orang-orang yang kompeten, entah itu untuk karyawan sendiri ataupun jasa pihak ketiga.

Boleh-boleh saja memiliki tim logistik, namun jarang banget pengiriman kargo bisa dilakukan secara sendirian mengingat kendaraan dan pengalamannya di perjalanan haruslah benar-benar diasah semaksimal mungkin.

Akhirnya, kebanyakan perusahaan (terutama start-up) lebih mempercayakannya kepada jasa terkait semisal Transcon Indonesia dalam urusan pengiriman kargo sebagai pusat logistik.

Tentunya pemilihan tim pusat logistik kargo juga tak bisa kita pilih secara sembarangan, karena ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelumnya.

Integrasi Teknologi

Rantai pasokan kini sudah harus dapat kita lacak secara digital selama 24 jam penuh demi mengetahui lokasi kargo yang sedang dikirimkan.

Setiap situasi di perjalanan akan menentukan keputusan dan langkah yang akan kita ambil selanjutnya tanpa harus banyak membuang-buang waktu.

Skala dan Jangkauan Bisnis

Tim logistik yang kita sewa juga haruslah memiliki skala dan jangkauan yang luas biar bisa merespon permintaan yang lebih tinggi secara tepat waktu.

Jika tidak, maka bisa-bisa bisnis kita tersalip oleh kompetitor karena dunia industri di zaman sekarang sudah semakin cepat. Molor sedikit bisa mempengaruhi bisnis secara nyata.

Responsif Terhadap Kebutuhan

Pengelolaan pelanggan tentunya menjadi pemasukan utama bagi bisnis kita. Jika misalnya tim logistik tidak responsif atau bahkan molor, tak jarang pelanggan setia pada kabur ke tetangga sebelah.

Etika Bisnis

Ada loh CS yang jutek dan para tim yang terlibat kurang begitu beretika saat berkomunikasi dengan kita.

Bukan masalah baper, etika bisnis itu sangatlah mencerminkan gaya hidup dan kebiasaan mereka sehari-hari.

Jika misalnya tak mampu memegang etika bisnis yang baik, mending ganti saja tim pusat logistik dengan yang lebih ramah dan profesional.

Pengalaman dan Stabilitas

Pengalaman juga menjadi bagian terpenting karena biasanya mampu menentaskan segala macam masalah yang muncul di lapangan.

Bahkan masalah terkadang hadir dalam berbagai macam bentuk yang sulit diprediksikan sebelumnya. Jika tim logistik yang kita pilih sudah berpengalaman dan memiliki stabilitas baik, segala macam hambatan sudah barang tentu mampu dilalui secara sempurna.