Pengertian Perkembangan Kognitif Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Perkembangan Kognitif Menurut Beberapa Ahli

Pengertian perkembangan kognitif adalah sesuatu yang harus dipahami oleh para orang tua agar tidak salah kaprah dalam mendidik anak-anaknya. Perkembangan kognitif pada anak disesuaikan dengan usianya, yakni terbagi menjadi 4 tahap.

Sebelum mengetahui tahapan perkembangan kognitif ataupun hal lain yang lebih dalam tentang kognitif, pengertian tentu menjadi hal utama yang perlu diketahui lebih dulu.

Pengertian perkembangan kemampuan kognitif pada anak dicetuskan oleh beberapa ahli. Pada artikel kali ini, kami akan membahas pengertian secara umum dan juga pengertian menurut ahli. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk pelajari artikel berikut.

Pengertian Perkembangan Kognitif Menurut Para Ahli

Apa sih pengertian perkembangan kognitif itu? Secara bahasa, kognitif berasal dari kata “Cognition” yang artinya adalah mengerti. Secara luas, cognition atau kognisi merupakan perolehan, penggunaan pengetahuan juga penataan.

Sederhananya, kognitif merupakan segala kegiatan seorang individu yang berkaitan dengan proses belajar mengajar untuk mendapatkan pengetahuuan. Umumnya, kognitif berbicara mengenai ide, gagasan, juga pemecahan masalah yang berakar pada kemampuan kognitif seseorang.

Kognitif tentunya wajib berperan dalam dunia belajar mengajar, mengapa? Karena tanpa adanya kognitif, sangat tidak mungkin seseorang bisa memahami ilmu pengetahuan. Lantas apa sih pengertian kognitif menurut para ahli? Berikut pembahasannya.

Menurut Neisser

Menurut Neisser, kognitif hanya berbicara tentang 3 konsep, yaitu perolehan, penataan, serta penggunaan pengetahuan.

Jadi, perkembangan kognitif menurut Neisser merupakan proses atau tahapan belajar seseorang dari mulai memperoleh pengetahuan, lalu masuk ke proses penataan kemampuan oleh otak dan terakhir adalah proses menggunakan pengetahuan tersebut untuk hal-hal positif.

Menurut Drever

Pengertian perkembangan kognitif menurut Drever, kognitif adalah istilah umum yang digunakan untuk memahami suatu metode pembelajaran.

Ada beberapa konsep yang menjadi sepaket dengan kognitif, yaitu persepsi, penalaran, penilaian, penangkapan makna, serta imajinasi.

Menurut Piaget

Menurut Piaget, Kognitif atau perkembangan kognitif merupakan kegiatan seorang anak tentang bagaimana dia beradaptasi dengan objek atau kejadian yang dia saksikan. Jadi, ini bisa dilihat dari bagaimana seorang anak menginterpretasikan objek yang ada di sekitarnya.

Menurut Gagne

Kognitif menurut Gagne merupakan sebuah proses internalisasi ilmu pengetahuan, dimana ini terjadi pada susunan saraf pusat disaat seseorang berpikir.

Menurut Williams dan Susanto

Pengertian perkembangan kognitif menurut Williams dan Susanto yaitu bagaimana seorang individu memecahkan masalah. Ini bisa dilihat dari cara orang itu bertingkah laku, dan kecepatannya.

Dari semua pengertian kognitif yang sudah disebutkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian perkembangan kognitif adalah tingkat kemampuan seseorang dalam berpikir, yang mana meliputi proses mengingat, memecahkan masalah, juga mengambil keputusan.

Kognitif berkaitan erat dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Kognitif akan ditunjukkan oleh seseorang ketika ia sedang belajar, membangun sebuah ide, atau memecahkan suatu masalah.