Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/vhosts/cateringsumedang.com/theworldmadestraightmovie.com/wp-content/plugins/seo-redirection-premium/custom/lib/cf.SR_redirect_manager.class.php on line 100
Mengenal Ploging, Kegiatan Menyehatkan dan Ramah Lingkungan
Mengenal Ploging Kegiatan Menyehatkan dan Ramah Lingkungan

Mengenal Ploging, Kegiatan Menyehatkan dan Ramah Lingkungan

Sebuah tren baru datang dari negara Swedia yang dikenal mampu menyehatkan sekaligus ramah lingkungan, yaitu plogging. Plogging merupakan sebuah kegiatan jogging yang dilakukan sekaligus dengan aksi mengumpulkan sampah. Hal ini dimulai dari kepedulian beberapa orang yang hobi lari pagi namun tiba-tiba terlihat ada begitu banyak sampah yang ada di sekeliling mereka.

Fakta Menarik Tentang Plogging

Nyatanya, bukan hanya untuk kesehatan, namun sekarang pun, Anda juga bisa berolahraga demi menjaga keadaan dan kebaikan lingkungan, seperti tren olahraga terbaru yang sedang booming di Swedia. Bukan hanya buat sehat dan terlihat oke aja, namun yang penting juga dalam membuat lingkungan jadi bersih.

Hal yang menariknya adalah, olahraga ini tidak membutuhkan biaya yang mahal, tidak harus membayar member fitness apalagi bayar guru privat, dimana sebenarnya semua bisa dilakukan sendiri dengan cara sederhana.

Bagi yang belum mengetahui, olahraga plogging adalah gabungan dari kata ‘jogging’ dengan ‘plocka’ yang dalam bahasa Swedia artinya adalah mengambil. Sampah yang berserakan di jalanan akhirnya bisa jadi inspirasi untuk olahraga dan menyehatkan badan. Orang Swedia pun juga melakukan kegiatan olahraga jalan santai yang dibarengi dengan kegiatan memungut sampah.

Plogging ini sendiri mulai dikenal juga populer di Swedia sekitar tahun 2016 melalui unggahan banyak orang di media sosial. Melalui Instagram, kegiatan olahraga ini pun akhirnya menjadi populer di dunia.

Bahkan sampai saat ini, di Instagram sudah ada puluh ribuan unggahan yang memakai tag plogging. Bahkan, ada juga negara lain yang mulai mengadaptasinya dan melakukan olahraga sambil membersihkan jalan.

Selain itu, supaya bisa ikut serta, maka caranya pun begitu sederhana. Yaitu hanya perlu sepatu olahraga, tas sampah, dan sarung tangan. Dijamin tidak akan repot dan mahal, karena Anda hanya perlu modal sepatu olahraga, tas sampah, serta ada sarung tangan buat melakukan olahraga baru ini. Tas sampah tentu sangat penting buat membawa sampah yang dipungut di sepanjang jalan selama jogging.

Sementara, sarung tangan sebaiknya dipakai untuk menghindarkan tangan menyentuh hal yang tidak menyenangkan saat mengambili sampah. Kegiatan plogging ini pun nyatanya bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, namun juga bagi kesehatan tubuh.

Mengapa? Sebab pada umumnya, gerakan yang dilakukan saat plogging membuat Anda nantinya berada dalam posisi burpee atau gerakkan dari posisi berdiri lalu membungkuk kemudian berdiri lagi.

Hal ini terbukti karena gerakan burpee merupakan salah satu gerakan kesehatan yang paling berat dan bermanfaat secara fisik. Namun tahukah Anda, jika dalam jangka panjang ternyata plogging ini bisa membawa dampak yang kurang baik. Hal ini terjadi karena beban yang harus dipikul saat berlari lalu kemudian harus berhenti secara terus menerus dalam jarak dan tempo waktu yang lama.

Namun jika plogging ini dilakukan dalam waktu singkat, kegiatan ini malah akan membuat badan lebih segar dan menghasilkan kesenangan sendiri sendiri saat melihat lingkungan bersih dari sampah.