manfaat herbal temu giring

Ini Dia 6 Manfaat Herbal Temu Giring

Anda mungkin sering mendengar manfaat dari beragam jenis herbal seperti jahe dan kunyit. Tetapi ada banyak jenis herbal rimpang lain yang tidak kalah berkhasiat untuk tubuh kita. Di antaranya adalah herbal rimpang temu giring. Apa sajakah sebenarnya manfaat herbal temu giring?

Manfaat Herbal Temu Giring

Temu giring adalah jenis herbal rimpang yang juga lazim dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Sekilas mungkin mirip dengan temulawak, tetapi temu giring memiliki serat lebih tebal dan buku buku yang lebih kentara.

Rimpang satu ini juga tidak kalah dengan jenis herbal rimpang lain. Temu giring kaya akan sejumlah unsur antioksidan seperti fenolik, atsiri, alkaloid, kurkumin, flavonoid dan banyak unsur penting lainnya.

Dari banyak jenis antioksidan di dalam Temu giring tadi, Anda bisa mendapatkan sejumlah manfaat herbal Temu giring sebagai berikut ini.

temu giring

Untuk Obat Cacing

Secara tradisional dipercaya Temu giring memiliki efek baik sebagai terapi obat cacing. Dalam Temu giring terdapat unsur pipetazin sitrat yang dapat bekerja sebagai pembunuh cacing dalam tubuh. Biasanya terapi ini diberikan secara tradisional untuk membantu memperbaiki nafsu makan anak anak. Karena biasanya gangguan nafsu makan pada anak berkaitan dengan cacingan.

Mengatasi luka dan radang

Dalam Temu giring terkandung unsur terpenoid, zedoarondiol dan sisquercetin yang dapat membantu mempercepat keringnya luka dan mempercepat proses regenerasi sel yang rusak. Ini akan mempercepat proses pembentukan jaringan baru pada luka. Juga efektif mencegah terbentuknya peradangan pada luka.

Mengatasi diare

Senyawa unik lain dalam Temu giring yakni zerumbone terbukti memiliki efek membantu mengatasi keluhan diare. Terapi ini akan mengatasi kelebihan cairan dalam usus dan memadatkan kembali tekstur feses. Terapi ini juga baik untuk meredakan mulas pada saat diare.

Untuk perawatan kesehatan hati

Manfaat herbal Temu giring lain adalah adanya unsur hepaprotektif. Ini berkat kandungan kurkuminoid di dalam Temu giring yang akan efektif melindungi sel sel hati dari kerusakan. Membantu detoksifikasi sel sel hati dan mengurangi kelebihan mineral berbahaya dalam hati. Senyawa ini juga baik untuk mengendalikan kadar lemak hati dan kadar trigliserida (lemak cadangan tubuh) yang akan menyebabkan kinerja hati semakin berat.

Baik untuk kesehatan kulit

Yang juga tidak banyak orang ketahui adalah manfaat herbal Temu giring untuk kesehatan kulit. Secara tradisional, Temu giring lazim menjadi bahan baku untuk pembuatan lulur. Dengan lulur ramuan Temu giring, Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan cerah.

Temu giring akan efektif membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus membantu proses regenerasi sel yang baru. Sehingga kulit akan terlihat lebih segar dan sehat. Terapi ini juga akan membantu mengatasi proses penuaan kulit.

 Efek anti peradangan di dalam herbal ini juga akan membantu mengatasi kerusakan kulit maupun peradangan seperti jerawat dan iritasi kulit karena paparan sinar matahari. Sehingga Anda juga bisa memanfaatkan herbal Temu giring ini sebagai masker pada wajah.

Membantu proses penurunan berat badan

Manfaat herbal Temu giring lain adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini akan efektif mengendalikan kadar gula dalam darah dan lemak darah. Serta meningkatkan proses pembentukan energi.

Efek ini meski tidak bekerja secara langsung akan membantu Anda yang tengah dalam proses penurunan berat badan. Konsumsi bersamaan dengan program diet dan kegiatan olahraga untuk membantu Anda mendapatkan berat badan ideal lebih cepat.

Itulah sejumlah manfaat herbal Temu giring untuk tubuh Anda. Konsumsi rutin 2 – 3 kali dalam sepekan dapat meningkatkan kesehatan tubuh, memperbaiki kebugaran tubuh dan mencegah Anda terkena kanker. Temukan informasi lebih lengkap seputar herbal dan manfaatnya dalam laman deherba.com.