14

Lampu Tenaga Surya Indoor dan Cara Kerjanya

Kamu pasti pernah melihat lampu tenaga surya yang digunakan di luar untuk menerangi jalan setapak, teras, dan halaman berumput.

Varian lampu yang satu ini begitu luar biasa karena membantu kita mengurangi jejak karbon dan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Soalnya, lampu surya luar ruangan tidak bergantung pada jaringan listrik. Artinya, kita tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membayar tagihan listrik.

Tapi ada pertanyaan, apakah lampu tenaga surya dapat digunakan secara indoor?

Jawabannya adalah YA! Karena sudah banyak solar light supplier yang mendesainnya agar dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Sayangnya, masih banyak orang yang berpikir bahwa lampu tenaga surya hanya mampu disematkan di luar ruangan saja.

Padahal terdapat setingan yang bisa kita gunakan untuk pengaplikasian indoor. Bukan hanya dari cahaya matahari saja, juga jika terdapat sumber cahaya buatan yang dapat mudah dijangkau oleh panel surya miliknya.

Cara Lampu Tenaga Surya Bekerja

Setiap lampu tenaga surya didesain dengan penggunaan yang berbeda. Jadi pastikan kamu tidak salah beli dengan membaca labelnya terlebih dahulu dan cek bahwa lampu tenaga surya tersebut dikhususkan untuk penggunaan dalam rumah.

Namun cara kerjanya masih sama saja sekalipun pengaplikasiannya berbeda. Sistem bertenaga surya ini akan bekerja dengan cara mengonversi energi fotovoltaik.

Panel surya hitam di atas lampu terdiri dari sel fotovoltaik untuk menangkap energi dari matahari, yang kemudian mengubah energi yang dihasilkan matahari menjadi arus DC untuk disimpan di dalam baterai lampu surya

Arus yang tersimpan dalam baterai kemudian akan menyalakan bola lampu saat matahari terbenam secara otomatis jika lampu tenaga surya kamu dilengkapi dengan sensor.

Tentu saja, sistem penerangan matahari jauh lebih rumit saat proses pembuatannya. Jadi jangan mengeluh jika harganya sedikit mahal dibandingkan dengan lampu biasa.

Pasalnya, kita harus mampu melihat ke masa depan karena lampu tenaga surya indoor menyediakan sisi kehematan dan kepraktisan dalam jangka panjang.

Secara rata-rata, lampu tenaga surya dapat menerangi ruangan selama 4-6 jam lamanya. Artinya, penerangan yang disediakannya mampu memfasilitasi kita di jam-jam premium sebelum tidur.