gambar unggulan

Lagi Diet ? Cek Dulu Yuk Berapa Kebutuhan Nutrisi Harianmu

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan memahami takaran gizi yang pas sesuai dengan usia. Oleh karena itu, penting untuk mengenal lebih dalam mengenai Angka Kecukupan Gizi. Anda pasti sudah sering menemukan singkatan AKG setiap harinya. Wajar saja, persentase AKG ini selalu ada dalam kemasan makanan dan bahan makanan yang dijual bebas. Akan tetapi, apakah anda paham betul maksud dari angka – angka terkait dengan AKG tersebut?

AKG ini merupakan suatu nilai yang menampilkan kebutuhan rata – rata nutrisi setiap harinya bagi siapa saja yang kondisi tubuhnya sehat. Nutrisi atau gizi yang termasuk dalam AKG meliputi lemak, protein, energy, serat, karbohidrat, air, mineral, dan vitamin. Jenis kelamin, kegiatan fisik, usia, dan kondisi fisik masing – masing orang akan membedakan nilai AKG masing – masing. Memenuhi nutrisi untuk tubuh sesuai AKG penting untuk meminimalisir potensi gizi buruk atau kurang gizi.

ayriz oil

Perlu dipahami lebih lanjut bahwa AKG ini merupakan nilai rata – rata. Oleh karena itu nilainya bisa menjadi acuan untuk banyak orang. Bahkan pemerintah mengeluarkan panduannya dalam Permenkes Nomor 28 Tahun 2019 yang menyebutkan nilai AKG masyarakat Indonesia adalah 2.100 kilo kalori per orang per hari. Minimal, angka tersebut bisa menjadi nilai acuan awal bagi anda yang ingin mulai memastikan kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga setiap saat.

Secara lebih spesifik lagi, nilai AKG ini bisa dihitung dengan menggunakan rumus tertentu. Para ahli gizi biasanya menggunakan rumus Harris Benedict yang berbeda untuk pria dan wanita. Rumusnya untuk pria adalah 66 + (13,7 x berat badan ) + (5 x tinggi badan) – (6,8 x usia). Sedangkan untuk wanita rumusnya adalah 655 + (9,6 x berat badan) + (1,8 x tinggi badan) – (4,7 x usia). Hasil perhitungan tersebut dikalikan dengan angka – angka yang merujuk pada kegiatan fisik.

Angkanya meliputi Sangat jarang berolahraga 1,2, jarang olahraga 1,375, cukup olahraga 1,55, sering olahraga 1,725, dan sangat sering olahraga 1,9. Hasilnya akan sangat berguna untuk menjaga pola hidup dan pola makan sehat.

Diet Aman, Tenang, Nyaman Dengan Ayriz Oil

Seseorang yang tengah menjalani program diet sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuhnya. Salah-salah, jika tidak sesuai atau kekurangan asupan gizi biasanya akan mengakibatkan respon tubuh yang negative misalnya lemas, kembung, perut terasa perih dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, kini telah hadir Minyak Ayriz Oil yang membantu anda menjalani program diet tanpa gangguan perut yang menyiksa.

Kandungan herbal alami dalam Minyak Ayriz Oil ini sangat aman digunakan dalam jangka panjang. Bisa anda temukan di marketplace shopee dan tokopedia untuk transaksi yang lebih aman dan nyaman.