gambar unggulan

Kelebihan Teknologi Zero Pressure Drain (ZPD) Pump di Axor Euro 4

Awal Juni lalu tepatnya tanggal 7 Juni 2022, PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) telah meluncurkan produk terbarunya yaitu truk Mercedes-Benz Axor Euro 4. Langkah ini merupakan sebuah bentuk dukungan kepada pemerintah tentang penerapan standar Euro 4 di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara sehingga menjadi lebih bersih.

 

Langkah peluncuran truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 ini juga diapresiasi oleh Kementerian Perindustrian. “Ini menjadi produk pertama dari merek Eropa yang mengenalkan truk dengan standar Euro 4,” tulis Kemenperin dalam siaran resminya.

 

Mercedes-Benz Axor Euro 4 dibekali dengan mesin yang sudah digunakan oleh Axor sebelumnya yakni OM 906 LA. Meskipun demikian, mesin 6.370 cc itu mendapatkan berbagai perubahan seperti peak firing pressure menjadi maksimal 165 bar, tekanan injektor maksimal 1.800 – 1.900 bar, dan lubang injeksi menjadi 8 buah.

 

Selain itu DVCI juga menyematkan berbagai teknologi canggih yang membuktikan bahwa Axor Euro 4 diklaim lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah teknologi Zero Pressure Drain (ZPD) Pump. Lalu seperti apa kelebihannya ?

 

Zero Pressure Drain (ZPD) Pump

 

Zero Pressure Drain Unit (ZPD) Pump merupakan global standar dari Jerman yang saat ini telah disematkan diĀ  truk Mercedes-Benz Axor Euro 4. ZPD Pump berfungsi untuk meminimalisir rembesnya bahan bakar ke ruangan mesin sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli. Teknologi ini membuat daya tahan mesin akan lebih terjaga dan pengoperasian truk Axor bisa digunakan lebih lama.

 

Dengan adanya kombinasi dari SCR dan ZPD Pump, DCVI percaya Mercedes-Benz Axor Euro 4 akan memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 km.

 

Kami berharap, DVCI tetap menjadi pelopor dalam pengembangan kendaraan dengan standar yang lebih tinggi sesuai dengan spek global. Oleh karena itu, kami terus melakukan proses transisi dengan melakukan penyempurnaan produk sehingga dapat berkontribusi dalam babak baru era transportasi kendaraan niaga di Indonesia yang lebih ramah lingkungan