Jenis Probiotik Untuk Anak yang Penting Untuk Kesehatan Mereka

Jenis Probiotik Untuk Anak yang Penting Untuk Kesehatan Mereka

Bagi orang tua, melengkapi nutrisi anak adalah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan hanya dengan nutrisi yang lengkap saja kesehatan anak akan senantiasa terjaga. Inilah dasar kenapa Anda perlu mengetahui jenis probiotik untuk anak sebagai bagian dari nutrisi yang perlu dipenuhi dan diberikan kepada anak.

Apakah Anda pernah mendengar apa itu probiotik sebelumnya?

Dalam pengertian singkat, probiotik adalah bakteri atau mikroorganisme hidup yang jika berjumlah cukup bisa memberikan dampak baik untuk saluran pencernaan. Oleh karenanya, probiotik sering disebut juga dengan istilah bakteri baik.

Nah, ada beberapa jenis probiotik dengan fungsi yang berbeda-beda. Penasaran apa saja jenis dari probiotik tersebut? Simak ulasannya!

Peran Probiotik Dalam Tubuh Anak

Salah satu alasan kenapa probiotik penting bagi anak adalah adanya peran krusial dari nutrisi ini. Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa probiotik bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Anak belum memiliki sistem pencernaan yang stabil sehingga tidak jarang terdapat masalah di dalamnya. Oleh karenanya, diperlukan nutrisi untuk menjaga kesehatan tersebut.

Dengan pemenuhan probiotik, maka anak akan memiliki kondisi sistem pencernaan yang lebih baik. Selain pencernaan yang lancar, anak pun akan bebas dari masalah pencernaan.

Jenis Probiotik yang Penting Untuk Anak

Berbincang tentang jenis probiotik untuk anak, ada beberapa jenis probiotik yang sangat penting dan bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan tubuh anak secara umum. Adapun beberapa jenis probiotik yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Lactobacillus

Lactobacillus adalah salah satu probiotik yang banyak dan sering ditemukan. Bakteri ini memiliki manfaat untuk mengobati diare dan juga gangguan penyerapan laktosa yang umumnya terjadi pada anak yang alergi terhadap susu sapi. Yogurt menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung jenis probiotik ini.

  • Bifid bacterium

Jenis probiotik yang kedua adalah bifid bacterium. Ini adalah jenis probiotik yang banyak ditemukan pada produk susu olahan. Manfaat dari jenis probiotik ini adalah untuk menjaga saluran pencernaan jangka panjang pada anak.

  • Saccharomyces Boulardii

Berbeda dengan dua jenis probiotik sebelumnya, probiotik yang satu ini merupakan jamur yang ada pada probiotik. Jamur yang terdapat dalam probiotik ini digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan yang menyerang anak seperti diare.

Ketiga hal di atas adalah ragam jenis probiotik yang ada dan tentu saja penting untuk menjaga kesehatan anak. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah dari mana beragam jenis probiotik tersebut bisa didapatkan?

Ada beberapa sumber makanan yang banyak mengandung beragam jenis probiotik untuk anak tersebut. Beberapa makanan tersebut adalah yogurt, tempe, kimchi, acar, beragam jenis keju dan lainnya. Dengan memberikan aneka makanan tersebut, kebutuhan probiotik anak bisa terpenuhi dengan baik.