14 2

Download Lagu Iwan Fals, Penuh Dengan Makna dan Observasi

Salah satu magnet di Indonesia yang berhasil menarik hati banyak pecinta musik tanah air adalah Iwan Fals. Melalui lagu-lagunya, tak hanya sekedar lirik cinta seperti halnya kebanyakan musisi sekarang, Iwan Fals menghadirkan banyak sekali kontroversial.

Jika kamu pecinta musik sejati, bisa dibilang belum pas jika belum memiliki musik atau download lagu mp3 Iwan Fals, sekalipun hanya satu atau dua judul saja.

Kebanyakan lagu dari seseorang yang lebih akrab dipanggil bang Iwan ini bernuansa politik, dan seringkali sedikit menyindir kaum atas.

Layaknya seseorang yang berdemo ke jalanan, bang Iwan lebih memilih mengutarakan isi hatinya melalui lagu.

Berkat perannya yang begitu fenomenal, bang Iwan berhasil dikutip oleh majalah Time sampai-sampai diberi julukan “Great Asian Hero”, yang berarti ‘pahlawan hebat dari Asia’.

Dari Lagu Politik Sampai Cinta

Iwan Fals seringkali dibandingkan dengan Bob Dylan selama masa aktifnya di industri musik, yang sekaligus menjadi pengaruh terkuat baik dari sisi gaya hingga harmonika lagu yang diciptakannya.

Ada banyak lagu yang bersifat observasional sekaligus dianggap politis di saat yang bersamaan. Dimulai dari kehidupan miskin hingga kecelakaan kereta api di Bintaro puluhan tahun lalu, semuanya dijadikan lagu.

Tapi bukan berarti Iwan Fals kacangan dalam menciptakan lagu cinta. Malahan beberapa diantaranya jauh lebih terkenal dan enak didengar dibandingkan musik yang diciptakan oleh musisi muda.

Mungkin faktor terkuat hal tersebut terjadi berkat alunan nadanya yang easy listening sekaligus liriknya yang tak cenderung meratapi nasib dan anti bucin.

OI Ada Di mana-mana

Iwan Fals memiliki fan club yang sangat besar bernama OI, yang bisa berarti ‘orang Indonesia’ atau ‘organisasi Iwan Fals’.

Saking hebatnya organisasi tersebut, kita pasti bisa melihat bendera OI di hampir setiap acara live musik, sekalipun Iwan Fals tak manggung pada saat itu.

Tak tanggung-tanggung, organisasi atau fan club ini pun dinaungi oleh manajemen PT. Tiga Rambu dan dipimpin langsung oleh istrinya bang Iwan.

Tertarik untuk bergabung dengan fan club tersebut? Pastikan dulu kamu memiliki lagu-lagunya bang Iwan di handphone ya!