membuat pakan ternak ayam

Cara Membuat Pakan Ternak Ayam Sendiri yang Simpel

Cara membuat pakan ternak ayam sendiri ternyata tidak sulit. Anda bisa mencoba membuatnya untuk menekan biaya ternak ayam yang memang besar. Masalah pakan memang merupakan factor yang sentral dalam usaha ternak ayam serta hewan unggas lainnya.

Pakan yang berkualitas akan menentukan pertumbuhan hewan ternak secara optimal. Sehingga hasil panen akan jauh lebih menguntungkan.

Tak melulu beli, sebab ada cara membuat pakan ternak ayam yang sangat mudah dengan kandungan gizi cukup untuk memenuhi seluruh nutrisi yang diperlukan ayam untuk tumbuh kembang.

Nah, jika ayam yang Anda kembangkan merupakan jenis ayam pedaging mungkin artikel ini mampu membantu Anda dalam upaya menghemat anggaran melalui tips membuat pakan ternak ayam pedaging dibawah ini.

membuat pakan ternak ayam

Selain memiliki tahapan yang mudah, komponen penyusunnya juga mudah ditemukan. Penasaran bagaimanakah caranya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Kiat Sukses Membuat Pakan Ternak Ayam Pedaging

Mengutip dari website pusatpakanternak.com, berikut ini beberapa kiat sukses membuat pakan ternak ayam pedaging yanng bisa Anda lakukan?

  1. Langkah membuat pakan ternak ayam yang pertama adalah mencampurkan seluruh bahan menjadi satu. Seperti jagung, bekatul, tepung gaplek, tepung darah, tepung ikan, kedelai, bungkil papaya, bungkil biji kapuk, daun papaya tepung bulu unggas serta premix.
  2. Setelah tercampur rata, haluskan seluruh komponen penyusun menggunakan mesin penggiling.
  3. Pastikan bahwa seluruh bahan tercampur dengan merata dan menjadi butiran-butiran halus. Lanjutkan dengan mengaduknya menggunakan mixer hingga benar-benar merata dengan tekstur yang sedikit padat.
  4. Setelah adonan pakan ayam tercampur merata dan bertekstur agak padat, lalu lanjutkan dengan mengkukusnya pada suhu 800 hingga 900 derajat celcius.
  5. Tunggu beberapa saat hingga adonan pakan benar-benar matang, hingga siap untuk dikeluarkan.
  6. Tak perlu menunggu adonan dingin, Anda bisa langsung memasukkannya ke mesin pencetak untuk dicetak sesuai dengan ukuran standar pakan ayam pada umumnya.
  7. Nah setelah adonan tercetak menjadi palet, barulah dikeringkan menggunakan mesin pengering untuk mempersingkat waktu.
  8. Lalu pakan ayam siap untuk digunakan.

Bagaimana mudah sekali bukan langkah membuat pakan ayam ternak pedaging yang baik dan benar? Itulah tadi penjelasan menarik seputar tips membuat pakan ayam ternak pedaging yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini.