13

Bina BNI adalah

BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik setelah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada tahun 1996. Untuk memperkuat struktur keuangan dan daya saingnya di tengah industri perbankan nasional, BNI melakukan sejumlah aksi korporasi, antara lain proses rekapitalisasi oleh Pemerintah di tahun 1999, divestasi saham Pemerintah di tahun 2007, dan penawaran umum saham terbatas di tahun 2010.

BNI menawarkan layanan penyimpanan dana maupun fasilitas pinjaman baik pada segmen korporasi, menengah, maupun kecil. Beberapa produk dan layanan terbaik telah disesuaikan dengan kebutuhan nasabah sejak kecil, remaja, dewasa, hingga pensiun.

 

BNI memiliki program magang bernama Bina BNI adalah, untuk para lulusan SMA / SMK hingga S1. Proses seleksi dan tes cukup ketat dan bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Para peserta yang lolos seleksi akan dikontrak selama maksimal 3 tahun untuk magang sebagai Teller, Customer Service dan Staff Administrasi (Back Office). Namun, para pendaftar harus berstatus belum menikah, dan tidak akan menikah selama masa kontrak.
Sayangnya, setelah selesai masa kontrak, peserta Bina BNI tidak otomatis diangkat menjadi karyawan tetap. Bila ingin menjadi karyawan tetap, atau melanjutkan jenjang karier yang berbeda dan lebih tinggi, peserta dapat memilih untuk mengikuti training ODP.

Peserta magang Bina BNI akan menerima gaji sebesar Rp. 3.500.000 ditambah tunjangan makan dan kesehatan. Sedangkan peserta training ODP akan mendapatkan sekitar Rp. 5.200.000 per bulan plus sejumlah bonus dan tunjangan. Untuk posisi level staff pada divisi Marketing, IT atau legal rata-rata gaji pokok berkisar di antara Rp. 3.000.000 – 7.000.000. Pegawai tetap BNI akan mendapatkan berbagai tunjangan, bonus performance, bonus tahunan, serta tentunya THR, yang jumlah totalnya dapat mencapai berkali-kali lipat dari gaji pokok.

Di samping peserta menerima gaji Bina BNI, peserta juga menerima tunjangan layaknya pegawai tetap di sana. Di antaranya perserta menerima tunjangan uang makan, jaminan kecelakaan kerja dan kematian, dan jaminan kesehatan.

Sangat disayangkan, peserta yang mengikuti program ini hanya bisa menempati posisi TellerCustomer Service dan Staff Administrasi (Back Office). Tetapi, peserta yang menempati posisi Teller akan mendapat tunjangan lain, seperti uang penunjang layanan Teller dan uang penunjang penampilan. Sedangkan peserta yang menempati posisi Customer Service akan mendapat uang penunjang penampilan.