Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/vhosts/cateringsumedang.com/theworldmadestraightmovie.com/wp-content/plugins/seo-redirection-premium/custom/lib/cf.SR_redirect_manager.class.php on line 100
5 Jenis Kopi Modern dan Perbedaannya yang Perlu Diketahui
5 Jenis Kopi Modern dan Perbedaannya yang Perlu Diketahui

5 Jenis Kopi Modern dan Perbedaannya yang Perlu Diketahui

Pernahkah Anda kebingungan saat ingin memesan kopi di cafe maupun coffee shop? Sebab, ada berbagai pilihan menu kopi yang modern dan asing di telinga. Nah, buat Anda yang penasaran dengan beberapa pilihan menu kopi modern yang ditawarkan di coffee shop. Berikut ini beberapa jenis kopi yang modern dan perbedaannya.

1. Espresso

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang mana espresso. Ya, menu yang satu ini memang menjadi menu yang tersedia di berbagai kedai kopi modern. Lantas apa yang dimaksud kopi espresso itu apa? dan terbuat dari apa saja?

Espresso sendiri merupakan minuman kopi yang mempunyai kadar kopinya sangat kuat (very strong). Hal ini karena terbuat dari ekstrak biji kopi murni tanpa campuran apapun. Untuk rasanya sendiri sangat pahit, namun hal ini akan berbeda tergantung dari jenis biji kopi yang digunakan. Espresso biasanya dikonsumsi dalam cangkir kecil.

2. Macchiato

Macchiato adalah kopi espresso yang diberi campuran foam. Foam sendiri merupakan susu yang di-steam sendiri dengan kadar yang lebih sedikit. Dengan begitu rasanya akan tetap strong. Foam yang terdapat pada jenis kopi macchiato hanya menggunakan dua hingga tiga sendok susu saja. Namun, buat yang lebih suka espresso bisa menggunakan susu yang lebih sedikit lagi.

3. Piccolo

Menu yang berikutnya adalah piccolo. Yakni sebuah menu kopi dengan kadar susu yang lebih banyak dibandingkan dengan macchiato. Untuk jenis biji kopi yang digunakan biasanya adalah ristretto yang bisa menghasilkan ekstraksi espresso terbaik.

Piccolo mempunyai rasa yang tidak terlalu asam dan lebih lembut. Serta rasanya cenderung lebih small dan tidak strong. Namun, proses pengolahannya cenderung lebih lama dibandingkan dengan macchiato.

4. Cappucino

Cappucino merupakan menu kopi yang modern dan juga sangat populer. Hal ini lah yang membuat menu kopi yang satu ini sangat mudah ditemukan di cafe maupun coffee shop manapun. Bahkan, saat ini sudah ada banyak brand kopi kenamaan yang menyajikan cappucino dalam bentuk kemasan instan.

Pada dasarnya, cappucino merupakan kopi susu yang ditambahkan foam di atasnya. Dengan begitu akan menghasilkan creamy milky coffee. Namun, rasio antara kopi dan susunya tetap harus seimbang. Dengan begitu rasa pahit dari kopinya akan tetap terasa.

5. Latte

Jenis kopi modern yang lainnya adalah latee atau yang lebih dikenal dengan caffe latte (kopi susu). Caffe latte adalah kopi espresso yang ditambahkan dengan foam dari susu yang sudah di-steam sebelumnya. Kadar susunya sendiri dinilai paling banyak. Sehingga para barista menyebut komposisinya dengan very milky coffee.

Tentunya, kadar lemak dari caffe latte ini paling banyak jika dibandingkan dengan menu kopi lainnya seperti cappucino, piccolo, macchiato dan juga espresso. Sehingga menu kopi yang satu ini tidak cocok buat Anda yang sedang dalam program diet.

Nah itu dia lima jenis kopi modern yang bisa Anda temukan dengan mudah di cafe maupun coffee shop langganan Anda. Dari ulasan di atas, tentunya Anda sudah bisa membedakan antara jenis kopi satu dengan yang lainnya. Sehingga tidak akan membingungkan lagi saat Anda ingin memesan salah satunya.