3 Manfaat Sayuran pada Bubur Sayur Bayi

3 Manfaat Sayuran pada Bubur Sayur Bayi

Membuat bubur sayur bagi bayi yang baru saja belajar makan sangat menyenangkan. Sebab ibu dapat bereksperimen memberikan variasi sayuran yang akan ditambahkan kepada makanan pendamping ASI tersebut. Dengan begitu ibu dapat melihat jenis sayur  mana yang lebih disukai oleh bayi.

Namun, perlu diingat pula karena bayi sedang belajar makan. Jumlah sayuran yang diberikan ke dalam makanan pendamping ASI tersebut harus sesuai dengan komposisinya. Sebab terlalu banyak pun akan mengganggu penyerapan kadar nutrisi lainnya dalam saluran cerna.

Manfaat Sayuran pada Bubur Sayur Bayi

Sayuran sendiri sudah dikenal dengan manfaatnya yang luar biasa karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tentu saja konsumsinya harus bervariasi agar jenis gizi yang menjadi asupan maksimal.

Memberikan Kecukupan Gizi pada Bayi

Sayuran sendiri dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu pemberiannya dalam makanan pendamping ASI akan membantu bayi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Karena itu pemberiannya harus bervariasi sehingga seluruh nutrisi yang dibutuhkan akan tercukupi dari sumber alaminya. Misalnya, yaitu dengan penambahan wortel yang merupakan sumber vitamin A dikombinasikan dengan bayam yang kaya dengan zat besi. Dengan demikian bayi tidak akan mengalami defisiensi mineral dan vitamin.

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Semua jenis sayuran mengandung kadar serat yang tinggi  yang tidak dapat dicerna dan larut dalam tubuh. Dalam keadaan utuh serat tersebut memasuki saluran cerna dan berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dan mikro organisme baik yang ada di dalamnya. Dengan demikian jumlahnya akan bertambah banyak.

Keberadaan serat pun dapat membantu itu bayi untuk menghindari terjadinya sembelit serta membentuk feses sehingga padat. Dengan demikian proses pembuangan sisa-sisa makanan dapat berlangsung sesuai dengan seharusnya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh Bayi

Segala jenis sayur memiliki kandungan nutrisi beragam yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses metabolismenya. Oleh karena itu ketersediaannya dalam makanan pendamping bayi dapat membantu memastikan bahwa bayi tidak mengalami defisiensi vitamin dan mineral.

Selain itu kandungan serat dalam sayuran dapat menjadi makanan bagi bakteri baik yang ada dalam saluran cerna. Keberadaan mikroorganisme tersebut dalam usus dapat membantu usus meningkatkan kualitas cernanya terhadap setiap nutrisi yang yang telah melalui proses metabolisme.

Dengan demikian kebutuhan bayi terhadap nutrisi akan terpenuhi dengan cukup sehingga seluruh proses dalam tubuhnya termasuk untuk membentuk sel-sel tubuh kekebalan alami dapat berlangsung dengan baik.

Kandungan sayur pada bubur sayur akan membantu bayi mendapatkan kebutuhan serat serta nutrisi yang lainnya dalam jumlah yang cukup. Dengan demikian Buah Hati dapat tumbuh lebih sehat serta fungsi saluran pencernaannya dapat berkembang dengan baik.